Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) Siklus IV Seluruh Program Studi dan Fakultas di UMMI

Sukabumi, lpm.ummi.ac.id, 06 April 2017. Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) kini tengah melaksanakan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) yang pada tahun ini merupakan siklus IV, dimana siklus I telah dilaksanakan pada tahun 2014, siklus II pada tahun 2015, dan siklus III pada tahun 2016. AMI merupakan kegiatan monitoring dan evaluasi sistem penjaminan mutu internal dan implementasinya. Monitor dan evaluasi terdiri dari audit, asesmen dan evaluasi yang dilakukan secara berkala untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan dan untuk mengetahui penyebab-penyebab ketidaksesuaian pelaksanaan dengan perencanaan. Proses audit ini harus dilaksanakan secara sistematis, independen dan terdokumentasi untuk mendapatkan bukti audit dan mengevaluasinya secara obyektif untuk menentukan sejauh mana kesesuaian antara kriteria audit dengan kenyataan dipenuhi.

IMG_20170329_095219

AMI Siklus IV ini menggunakan kriteria yang sesuai dengan borang isian akreditasi program studi dan pengelola program studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, yang terdiri atas: Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, Mahasiswa dan lulusan, Sumber daya manusia, Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik, Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, Penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.

IMG_20170331_102551

Jadwal pelaksanaan AMI Siklus IV ini sudah dimulai sejak tanggal 1 Maret 2017, diawali dengan kegiatan pelatihan Auditor Internal selama dua hari, desk evaluasi borang program studi dan fakultas, dilanjutkan visitasi selama 26 hari kerja, kemudian diakhiri dengan penyusunan dan publikasi laporan hasil AMI Siklus IV kepada seluruh civitas akademika UMMI. Hingga hari ini, Kamis 6 April 2017 sebanyak 10 program studi dan tiga fakultas telah di visit oleh tim auditor internal. Program studi yang sudah visitasi adalah program studi dari Fakultas Saintek, FIAH, dan sebagian dari FKIP. Kegiatan visitasi ini berjalan dengan kondusif dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

IMG_20170405_105210_HHTIMG_20170406_095042

Seluruh rangkaian AMI ini merupakan upaya peningkatan mutu bukan penilaian. Dengan demikian baik auditor maupun teraudit duduk pada sisi yang sama yaitu sisi untuk meningkatkan mutu institusi. Diharapkan dengan adanya audit internal ini ialah didapatkannya materi nyata bahan tinjauan manajemen untuk membuat keputusan mutu. Dengan demikian Audit internal merupakan salah satu sokoguru pengembangan institusi.

Semoga UMMI semakin unggul dalam keilmuan dan keislaman, Aamiin.